Rabu, 05 Oktober 2016

Bisnis Informatika dan Contoh Perusahaan Bisnis Informatika

Pada postingan ini, saya akan menjelaskan secara singkat tentang Bisnis Informatika dan contoh dari Bisinis Informatika tersebut. Apa itu Bisnis? Bisnis menurut saya adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih dengan tujuan mendapatkan laba/untung. Apa itu informatika? Informatika menurut Wikipedia merupakan konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Jadi, Bisnis Informatika adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih dengan tujuan mendapatkan laba/untung dengan bantuan teknologi informasi.
Budaya orang-orang  di Indonesia yang sangat konsumeris merupakan salah satu alasan bisnis informatika ini berkembang sangat cepat di Indonesia. Apalagi setiap orang menginginkan segala sesuatu yang cepat dan mudah. Sehingga, banyak bermunculan startup sebagai solusi dari masalah ini. Contoh dari bisnis informatika adalah e-commerce, penyedia jasa online seperti transportasi, travel, berita & infotaintment online.
Salah satu contoh dari bisnis informatika yaitu traveloka yang merupakan perusahaan IT yang bergerak dalam bidang jasa travel dengan alamat situsnya yaitu www.traveloka.com. Traveloka didirikan pada 29 Maret 2012 dengan direktur Ferry Unardi. Pada mulanya hanya sebagai layanan pencarian tiket pesawat saja, namun saat ini traveloka juga melayani pemesanan kamar hotel. Layanan ini ditawarkan melalui website dan aplikasi mobile.

Traveloka berkantor di salah satu gedung perkatoran di Slipi, yaitu Grand Slipi Tower, lantai 39 dengan alamat Jalan S. Parman Kav. 22-24 Jakarta 11480. Jumlah karyawan yang dimiliki oleh Traveloka 270 orang pada tahun 2015 dan bertambah setiap tahunnya. Traveloka saat ini bekerjasama dengan 72 maskapai dan 18 hotel domestik dan internasional dan 13 partner resmi untuk pembayarannya bisa melalui e-payment atau pun indomaret. Berdasarkan deskripsi diatas dapat dikategorikan bahwa traveloka merupakan bisnis informatika menengah.
Demikian penjelasan singkat bisnis informatika beserta contohnya yang dapat saya tulis. Kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar