Senin, 27 April 2015

E-Commerce and I

Pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang online shop. Sebelumnya saya akan menjelaskan e-commerce secara singkat. E-commerce atau Electronic Commerce bisa diartikan jual beli secara electronic baik itu melalui komputer/laptop atau  gadget lainnya seperti hp, tablet. Salah satu bagian dari E-commerce adalah online shop.

Karena beberapa alasan misalnya malas berbelanja keliling mall, tidak mempunyai banyak waktu, ingin serba instan maka saya beberapa kali menggunakan online shop untuk membeli barang yang saya inginkan. Beberapa memuaskan tapi ada juga yang mengecewakan.

Instagram adalah salah satu tempat biasanya saya mencari barang yang saya mau. Biasanya saya mencari dengan pencarian hashtag, lalu akan ditampilkan banyak gambar dari hashtag yang saya ketikan, biasanya saya memilih barang dari online shop yang mempunyai banyak followers dan juga memposting testimoni dari para pembeli toko mereka. Lalu saya menghubungi admin menanyakan secara detail barang tersebut juga tidak lupa negosisasi harga, tetapi biasanya harga sudah pas tidak bisa dikurangi. Setelah semua deal, saya memberi alamat rumah dan online shop tersebut memberikan nomer rekening yang akan saya transfer total uang dari harga barang dan ongkos kirimnya. Lalu keesokan harinya saya mentransfer uang tersebut. Biasanya 3 hari barang sudah sampai ketangan saya.  
           
Tetapi sewaktu belum berpengalaman membeli secara online, saya merasa kecewa membeli barang. Waktu itu saya membeli kemeja putih. Di gambar yang dishare di instagram, kemeja tertulis berwarna putih dan tidak tembus pandang. Saya juga menanyakan hal tersebut kepada admin melalui contact line admin, jawaban sama seperti di gambar kalau kemeja tersebut berwarna putih dan tidak tembus pandang. Saya percaya saja waktu itu. Tetapi setelah deal dan beberapa hari kemudian barang sampai kerumah saya, pas saya lihat warnanya broken white dan tembus pandang. Tidak hanya sekali saya kecewa dengan barang yang saya beli melalui online shop, saya juga pernah membeli sebuah tas, tetapi tas tersebut tidak sesuai dengan gambar. Alhasil sampai sekarang saya jarang memakai tas tersebut.

Walaupun beberapa kali merasa kecewa dengan online shop, saya tidak kapok untuk membeli barang secara online sebab tidak semua online shop mengecewakan. Salah satu pengalaman saya tentang online shop yang pelayanannya memuaskan adalah sewaktu saya membeli sebuah tongsis dan juga fisheye, lensa untuk foto di hp. Kelebihannya ada pada adminnya yang ramah, waktu itu tanpa sengaja uang yang saya transfer kurang. Karena saya ingatnya pas sampai dirumah, saya beranikan untuk memberitahu admin tersebut. Saya kira adminnya akan meminta saya mentransfer kekurangan uang tsb, tetapi tak disangka adminnya malah membiarkannya dan menganggap kekurangan uang tersebut diskon untuk saya. Tetapi sebagai gantinya dia meminta saya untuk memposting testimoni di instagram milik saya. Saya dengan senang hati mempostingnya.


Itulah beberapa pengalaman mengecewakan dan memuaskan saya mengenai online shop. Semoga pengalaman mengecewakan mengenai online shop yang saya alami tidak akan terulang kembali untuk kita. Maka berhati-hatilah dalam memilih barang di online shop, biasakan bertanya sedetail mungkin tentang barang yang akan anda beli.  Terimakasih sudah membaca blog ini, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar