Pada tulisan ini
saya akan menceritakan pengalaman saya tentang online shop. Sebelumnya saya akan
menjelaskan e-commerce secara singkat. E-commerce atau Electronic Commerce bisa
diartikan jual beli secara electronic baik itu melalui komputer/laptop atau gadget lainnya seperti hp, tablet. Salah satu
bagian dari E-commerce adalah online shop.
Karena beberapa
alasan misalnya malas berbelanja keliling mall, tidak mempunyai banyak waktu,
ingin serba instan maka saya beberapa kali menggunakan online shop untuk
membeli barang yang saya inginkan. Beberapa memuaskan tapi ada juga yang
mengecewakan.
Instagram adalah
salah satu tempat biasanya saya mencari barang yang saya mau. Biasanya saya
mencari dengan pencarian hashtag, lalu akan ditampilkan banyak gambar dari
hashtag yang saya ketikan, biasanya saya memilih barang dari online shop yang
mempunyai banyak followers dan juga memposting testimoni dari para pembeli toko
mereka. Lalu saya menghubungi admin menanyakan secara detail barang tersebut
juga tidak lupa negosisasi harga, tetapi biasanya harga sudah pas tidak bisa
dikurangi. Setelah semua deal, saya memberi alamat rumah dan online shop
tersebut memberikan nomer rekening yang akan saya transfer total uang dari
harga barang dan ongkos kirimnya. Lalu keesokan harinya saya mentransfer uang
tersebut. Biasanya 3 hari barang sudah sampai ketangan saya.
Tetapi sewaktu belum berpengalaman membeli
secara online, saya merasa kecewa membeli barang. Waktu itu saya membeli kemeja
putih. Di gambar yang dishare di instagram, kemeja tertulis berwarna putih dan
tidak tembus pandang. Saya juga menanyakan hal tersebut kepada admin melalui
contact line admin, jawaban sama seperti di gambar kalau kemeja tersebut
berwarna putih dan tidak tembus pandang. Saya percaya saja waktu itu. Tetapi
setelah deal dan beberapa hari kemudian barang sampai kerumah saya, pas saya
lihat warnanya broken white dan tembus pandang. Tidak hanya sekali saya kecewa
dengan barang yang saya beli melalui online shop, saya juga pernah membeli
sebuah tas, tetapi tas tersebut tidak sesuai dengan gambar. Alhasil sampai
sekarang saya jarang memakai tas tersebut.
Walaupun beberapa
kali merasa kecewa dengan online shop, saya tidak kapok untuk membeli barang
secara online sebab tidak semua online shop mengecewakan. Salah satu pengalaman
saya tentang online shop yang pelayanannya memuaskan adalah sewaktu saya
membeli sebuah tongsis dan juga fisheye, lensa untuk foto di hp. Kelebihannya
ada pada adminnya yang ramah, waktu itu tanpa sengaja uang yang saya transfer kurang.
Karena saya ingatnya pas sampai dirumah, saya beranikan untuk memberitahu admin
tersebut. Saya kira adminnya akan meminta saya mentransfer kekurangan uang tsb,
tetapi tak disangka adminnya malah membiarkannya dan menganggap kekurangan uang
tersebut diskon untuk saya. Tetapi sebagai gantinya dia meminta saya untuk
memposting testimoni di instagram milik saya. Saya dengan senang hati
mempostingnya.
Itulah beberapa
pengalaman mengecewakan dan memuaskan saya mengenai online shop. Semoga
pengalaman mengecewakan mengenai online shop yang saya alami tidak akan
terulang kembali untuk kita. Maka berhati-hatilah dalam memilih barang di
online shop, biasakan bertanya sedetail mungkin tentang barang yang akan anda
beli. Terimakasih sudah membaca blog
ini, semoga bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar